Tolak Bala Pageblug

Federal Express Berawal Tugas Sekolah

Semoga apa yang saya tuliskan, tidak membosankan, karena niat saya bukan untuk menggurui, tapi terlebih untuk berbagi, sharing yang aku pernah dapatkan atau seminar dan pembelajaran bisnis yang pernah diikuti.

Sebenarnya apa sih yg diperlukan untuk memulai bisnis?apakah Ide yang brilian? Mengumpulkan sebuah tim yang hebat? permodalan? Yes. that’s right, semuanya itu dibutuhkan.

Tapi ada loh yang lebih dari itu yang diperlukan, adalah kepercayaan, trust, dan ini sudah saya tulis berulang-ulang, biar sampai budeg, ndak papa.

Bahwa banyak perusahaan raksasa di dunia diawali dengan keyakinan sederhana, yakni KEPERCAYAAN, dan itu berlaku inside out, dalam dan luar perusahaan.

Federal Express Berawal Tugas Sekolah
Mobil armada pertama dalam pengantaran paket FedEx

Saya akan bercerita atas cerita yang pernah saya dapatkan, bisnis jasa pengiriman, cargo, kebetulan bisnis ini sedang naik daun, malah daun kelapa, jadi tinggi sekali. Bahkan saking naik daunnya, sekarang ini Garuda Indonesia menyatakan tadi malam akan lebih memprioritaskan bisnis ini, karena terbukti lifesaving act, menyelamatkan ribuan karyawan yg terancam PHK masal.

Sesuai dengan judul, siapa sih anak sekarang yang tidak mengenal FedEx? Jauh sebelum perusahaan HP Nokia menasbihkan tag line ‘nokia connecting people’ Fedex ini mempunyai slogan bahwa dunia yang terhubung adalah dunia yang lebih baik, yakni menghubungkan orang dengan barang, dengan layanan untuk meningkatkan kehidupan.

Tahu nggak bahwa bisnis raksasa ini pada awalnya adalah ide dan kreativitas seorang ‘bocah’ yang masih katrok van lugu yang mendapat tugas sekolah? Celakanya lagi sang guru hanya memberi nilai C pada paper yang di tulis, yakni tentang bagaimana cara mengelola jasa pengiriman yang simple dan efisien.

Federal Express Berawal Tugas Sekolah
Armada FedEx masa kini

Dan seperti biasanya pada cerita yang manis, bahwa sang anak itu tidak menyerah, dia memulai bisnis pada tahun 1971, bermodalkan kepercayaan, modal dari orang tua, saudara dan teman, terutama kepercayaan dari konsumen sehingga tak mengherankan kini FedEx menggurita di 220 negara.

Kalau dari satu negara dapat keuntungan bersih rata-rata 1 juta perbulan, maka si Fred Smith ini dapat 220juta sebulan, jadi kalau di beliin mendoan, bisa mengcover Monas sampai Senayan.

Tanah yang kalian injak sekarang ini terus bergerak(shifting), akankah kalian diam dan ikut tesedot didalamnya karena teguh berpegangan pada tonggak tua/cara lama?

Atau kalian akan menyadari dan berubah untuk mengambil langkah besar ke depan dengan mengambil beberapa risiko, dan kemudian kita berharap baik apa yang akan terjadi?

Up to you, mbakyu

Merdeka!,

Wahyu Indro Widodo
Kasongan 14/08/2021

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry