Hari Kidal Internasional 2021: Peringatan 13 Agustus & Sejarahnya

Hari Kidal Internasional 2021: Peringatan 13 Agustus & Sejarahnya

Tanggal 13 Agustus setiap tahunnya memperingati Hari Kidal Internasional atau International Lefthanders Day. Dilansir lefthandersday.com, Hari Kidal Internasional ini pertama kali dikenalkan pada 13 Agustus 1992, saat Klub Kidal meluncurkan International Lefhanders Day.

The Left-Handers Club (Klub Kidal) dibentuk pada 1990. Klub ini bertujuan untuk menjaga anggota tetap tekoneksi dengan perkembangan, membuat pandangan mereka diketahui produsen, memberikan bantuan dan saran, serta mempromosikan penelitian kidal dan pengembangan barang-barang yang mendukung kidal.

Sejak pembentukannya, Klub telah berkembang engan anggota di seluruh dunia dan dianggap sebagai kelompok pendukung dan pusat nasihat terkemuka di semua aspek kidal.

Hari Kidal Internasional adalah sebuah acara tahunan ketika orang kidal dapat merayakan keunikan mereka dan meningkatkan kesadaran publik tentang keuntungan dan kerugian menjadi kidal.

Acara ini sekarang dirayakan di seluruh dunia. Di Inggris, ada lebih dari 20 acara regional untuk menandai Hari Kidal Internasional dalam beberapa tahun terakhir. Kegiatan yang dilakukan pada hari ini di antaranya pertandingan olahraga dengan tangan kiri-kanan, pesta teh kidal, dan banyak pub menggunakan pembuka botol tangan kiri.

Pelanggan minum dan bermain game di pub dengan tangan kiri saja, dan membuat “Zona Kiri” nasional di mana kreativitas kidal, kemampuan beradaptasi, dan kecakapan olahraga dirayakan, sementara pengguna tangan kanan didorong untuk mencoba melakukan aktivitas sehari-hari dengan tangan kiri.

Peristiwa-peristiwa ini telah berkontribusi membagun kesadaran umum akan kesulitan dan frustrasi yang dialami orang kidal dalam kehidupan sehari-hari. Perayaan ini telah berhasil meningkatkan desain produk dan pertimbangan yang lebih besar dari kebutuhan orang-orang kidal.

Cara Merayakan Hari Kidal Internasional Untuk merayakan Hari Kidal Internasional, Anda bisa membuat poster dengan tulisan “Zona Kiri” atau “Hari Kidal”. Di zona ini, orang yang sehari-harinya menggunakan tangan kanan harus melakukan segalanya dengan tangan kiri dalam sehari.

Ajak teman, keluarga, dan kolega Anda yang tidak kidal untuk melakukan semua tugas sehari-hari menggunakan tangan kiri, misalnya: – Mengaduk makanan dalam panci. – Mengisi dan menuang air ke gelas. – Membuka kaleng. – Mengupas sayuran/buah. – Menggunakan kontrol microwave/kompor (yang seringkali diposisikan di sebelah kanan peralatan). – Menggunting, menggunakan gunting tangan kanan di tangan kiri adalah contoh yang sangat baik dari desain yang gunting yang tidak mendukung orang kidal. – Meletakkan mouse komputer di sebelah kiri keyboard, orang kidal biasanya harus melakukannya dengan tangan kanan saat mouse digunakan bersama, dan mouse adalah salah satu barang yang didesain untuk pengguna tangan kanan.

Penulis: Dipna Videlia Putsanra – Penyelia: Addi M Idhom https://tirto.id/giy1

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry