Naik Signifikan, iDEA Ungkap 14,5 Juta UMKM Sudah Go e-Commerce

Naik Signifikan, iDEA Ungkap 14,5 Juta UMKM Sudah Go e-Commerce

Penjualan para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di e-commerce saat pandemi Covid-19 dinilai alami kenaikan signifikan. Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEa) mencatat dari data Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bahwa sudah ada 14,5 juta UMKM yang masuk ke platform e-commerce.

Executive Director idEa, Arshi Adini mengatakan data tersebut juga valid jika dilihat satu tahun terakhir masyarakat berkutat dengan pandemi.

“Selama pandemi ini sangat bergerak tinggi, kita lihat data total UMKM yang sudah masuk di platform e-commerce itu kurang lebih 14,5 juta itu data yang sudah dipublish Kemenkominfo dan juga dalam gerakan Bangga Buatan Indonesia yang berjalan selama satu tahun terakhir selama pandemi,” kata Arshi dalam program Market Review IDX Channel, Jakarta, Kamis (12/8/2021).

Dengan gerakan Bangga Buatan Indonesia, menurut Arshi ini sangat penting harapannya demi kelangsungan UMKM di masa pandemi.

“Jadi kita bisa lihat bagaimana e-commerce menjadi channel untuk berjualan ke pasar luas, dan harapannya bagi para UMKM untuk terus bertahan di era pandemi,” ujarnya.

Menurut data BI, selama 5 tahun terakhir pertumbuhan e-commerce setiap tahun naik 35%. idEa juga memprediksi dilihat dari sektor digital secara luas dan bagaimana pengembangan sektor digitalisasi sudah berjalan baik, potensi kenaikan akan lebih tinggi.

“Mungkin kalau dilihat sektor digital secara luasnya bagaimana pengembangan sektor digitalsiasi di daerah 3T sudah berjalan dengan baik, kami yakin memang potensinya akan naik lebih tinggi,” katanya 

Perlu diketahui, idEa punya dua hal yang mengukur pengembangan potensi e-commerce, yaitu aktivitas nilai transaksi dan total on boarding UMKM baru yang masuk ke platform. (NDA) https://www.idxchannel.com/

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry